gelato ice cream store

Rawat Mesin Es Krim Gelato Secara Maksimal Dengan 5 Langkah Ini

Memberikan perawatan terbaik adalah bagian tanggung jawab Anda saat memiliki mesin es krim gelato. Seperti alat-alat pengolah makanan lainnya, mesin ini rentan rusak saat jarang dibersihkan. Kotoran yang menyelip di sela-sela komponen berisiko tercampur bahan gelato yang nantinya mempengaruhi rasa hingga kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Kiat merawat mesin gelato

Bagi Anda yang memakai mesin gelato untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, berikut adalah pemeliharaan yang dapat diberikan untuk menjaga performanya:

  1. Beri pelumas pada komponen

Komponen pada mesin es krim gelato perlu diberikan pelumas seperti minyak. Tujuannya untuk mencegah munculnya karat atau kerusakan akibat gesekan. Gunakan krim minyak seperti grace oil yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tak mengeluarkan aroma menyengat. 

Penggunaan minyak alami juga aman diaplikasikan pada komponen yang bersentuhan dengan adonan. Kulit tangan Anda pun tak mudah melepuh atau licin.

  1. Cuci hopper secara menyeluruh

Hopper adalah bagian pengaduk untuk menyatukan semua bahan secara optimal. Maka dari itu, dibutuhkan pemeliharaan berkala supaya komponen ini tetap higienis saat dipakai. Caranya mudah, yakni tuangkan air pada hopper kosong dan tekan tombol power untuk memulai pembersihkan.

Proses perawatan pada mesin es krim gelato ini hanya butuh waktu dua menit. Setelah selesai, keluarkan air melalui tuas dan keringkan.

  1. Bersihkan kipas dan evaporator

Komponen lain yang harus Anda perhatikan perawatannya adalah kipas dan evaporator yang sayangnya kerap diabaikan. Kalau terus dipakai tanpa dicuci, komponen-komponen tadi berpotensi membuat debu maupun kotoran menempel lebih lama dan merusak kualitas gelato.

Bersihkan kipas dan evaporator secara hati-hati mengingat Anda harus membuka mesin gelato. Kalau ragu, Anda bisa gunakan jasa teknisi profesional.

  1. Pemeliharaan komponen food grade

Mesin gelato tentunya menggunakan komponen-komponen food grade untuk menjaga kualitas. Beberapa di antaranya adalah handle, press, water receiver, seal, valve, hingga oil sale. Kurang memperhatikan kebersihannya akan membuat alat kurang higienis.

Luangkan waktu untuk melakukan deep cleaning pada mesin es krim gelato. Jadi, alat akan jarang bermasalah meski Anda harus melayani banyak orang.

  1. Taruh mesin di tempat aman

Begitu pembersihan selesai dilakukan, taruh mesin gelato di permukaan datar supaya tak mudah tersenggol dan jatuh. Pastikan juga posisinya tidak berada di ujung meja yang langsung mengarah ke lantai atau alat lain yang berpotensi memicu kecelakaan kerja.

Begitu pula saat bongkar pasang mesin, lakukan di tempat yang aman. Dalam hal ini jauh dari perangkat elektronik lain atau sumber listrik.

Demikian langkah-langkah perawatan yang dapat Anda berikan pada mesin es krim gelato. Mudah-mudahan bermanfaat dan membuat alat tahan lama dipakai untuk kebutuhan bisnis.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *