dokter gigi spesialis anak Bogor

Kiat Mengajak si Kecil ke Dokter Spesialis Gigi Anak Bogor

Bukan hanya untuk orangtua, pengalaman pertama ke dokter gigi spesialis anak Bogor tak jarang mendebarkan bagi si Kecil. Mereka kadang sudah membayangkan hal-hal buruk atau sudah punya pengalaman yang kurang menyenangkan. Namun, Anda tak perlu cemas, sebab ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk membujuk si Kecil.

Trik membujuk anak ke dokter spesialis gigi

Dihimpun dari Hellosehat.com, berikut trik yang bisa digunakan orangtua supaya anak bersedia diperiksa dokter spesialis gigi:

  • Biasakan sejak masih kecil

Mengajak ke dokter gigi spesialis anak Bogor saat si Kecil sudah besar terbilang tricky. Hal ini disebabkan anak bisa saja sudah mendengar pengalaman yang kurang bagus dari teman-teman atau orang lain di sekitarnya. Maka dari itu, biasakan anak mampir ke klinik gigi sejak mereka masih kecil.

Anda dapat memulai kunjungan saat gigi pertama anak tumbuh. Mereka barangkali belum terlalu memahami situasi dan kondisi, tetapi pasti akan familier dengan atmosfernya.

  • Cukup beri tahu inti tujuan kunjungan

Salah satu alasan yang membuat anak rewel saat diajak ke dokter spesialis gigi adalah sudah mendapat ‘bocoran’ kunjungan. Misalnya, Anda memberitahu bahwa mereka akan mendapatkan prosedur pembiusan atau pencabutan gigi yang dianggap menakutkan bagi sebagian besar anak.

Sebaiknya, beritahu inti tujuan kunjungan tersebut. Anda bisa memberikan perbandingan kalau si Kecil sudah pernah mampir dan bertemu dokter gigi spesialis anak Bogor.

  • Biarkan dokter yang jelaskan prosedur

Bagaimana kalau anak termasuk yang banyak tanya? Anda dapat mengatakan, dokter bakal memeriksa bagian dalam mulut dan memberikan pengobatan apabila dibutuhkan. Hindari untuk memaparkan prosedur, sebab itu merupakan kapasitas dokter.

Dokter spesialis gigi yang berpengalaman tentunya tahu cara menyampaikan prosedur dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Dengan begitu, anak mengerti dengan kondisi yang dialami.

  • Bersikap tenang dan berikan pujian

Sebagai pendamping, orangtua harus bersikap tenang selama menemani anak. Anda yang ikut cemas atau sengaja menakut-nakuti malah akan membuat si Kecil semakin ketakutan menghadapi dokter gigi spesialis anak Bogor.

Jangan lupa memberikan pujian saat anak lancar mengikuti pemeriksaan. Namun, pastikan untuk tidak memberikan hadiah agar anak tak mengharapkan sesuatu dari kunjungan tersebut.

  • Tanamkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi

Supaya anak semakin termotivasi memeriksakan diri ke dokter, tanamkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi di rumah. Caranya pun mudah, yakni dengan mengajaknya menyikat gigi secara rutin, paling tidak dua kali sehari.

Hindari kalimat ancaman yang membuat si Kecil malas ke dokter gigi. Apalagi kalau sampai Anda menyampaikan informasi yang kurang akurat.

Membujuk anak ke dokter gigi spesialis anak Bogor memang memerlukan proses. Namun, jangan sampai Anda mudah menyerah demi menjaga kesehatannya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *