kompor listrik induksi

Yuk Kenali Perbedaan Antara Kompor Listrik dan Induksi Serta Keunggulannya

Sering kali, orang-orang penasaran dengan perbedaan antara kompor listrik induksi. Karena memang keduanya menggunakan energi listrik untuk bisa beroperasi. Akan tetapi, dari segi fungsi atau kegunaannya keduanya memiliki perbedaan. Penasaran apa perbedaan antara kompor listrik dan induksi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Cara Pemanasan

Dengan menggunakan kompor listrik induksi, Anda tidak perlu lagi menyalakan api ketika ingin memasak. Ini karena kedua jenis kompor ini sama-sama menggunakan tenaga listrik agar bisa beroperasi Meskipun sama-sama menggunakan listrik, namun keduanya memakai cara pemanasan yang berbeda-beda untuk menghantarkan panas.

Dimana kompor induksi biasanya akan memanaskan peralatan masak secara langsung dengan menggunakan energi elektromagnetik. Sementara untuk kompor listrik biasanya akan menghantarkan panas melalui sumber listrik yang dicolokkan ke dalam kompor.

  1. Efisiensi Energi

Jika dilihat dari tingkat efisiensi energinya, maka kompor induksi lebih dinilai baik dibandingkan kompor listrik. Hal tersebut terjadi karena kompor induksi dapat menghemat energi lebih banyak dibandingkan dengan kompor listrik.

Kompor induksi juga biasanya menggunakan reaksi elektromagnetik untuk menghantarkan panas ke dalam alat masak. Di mana kemampuan elektromagnetik tersebut dapat mencapai 80 sampai dengan 90 persen. Sementara untuk kompor listrik hanya bisa mencapai 70 persen saja untuk efisiensi energinya.

  1. Keamanan

Kompor induksi hanya bisa memanaskan partikel besi dengan menggunakan item yang ada di dalamnya. Dengan begitu, risiko kebakarannya juga akan sangat kecil. Bahkan jenis kompor yang satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur otomatis yang cukup membantu. Seperti misalnya mengatur durasi memasak serta menentukan waktu mati kompor guna memaksimalkan keamanan.

Sementara untuk kompor listriknya akan terasa panas saat sudah digunakan atau selesai memasak. Sebab, panas yang dihasilkan oleh kompor jenis ini cenderung lebih awet. Oleh sebab itu, kompor induksi dapat dikatakan lebih aman dipakai jika Anda memiliki anak kecil di rumah.

  1. Suhu Maksimal

Suhu maksimal yang bisa dihasilkan oleh kompor listrik biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan kompor induksi. Di mana kompor listrik dapat mencapai suhu sampai dengan 393 derajat Celcius. Sementara untuk kompor induksi hanya bisa mencapai 351 derajat Celcius.

Namun, kompor induksi cenderung lebih cepat mengalihkan dari suhu panas ke dingin. Sedangkan untuk kompor listrik memerlukan waktu yang agak lama.

  1. Harga

Untuk harganya sendiri sering kali menjadi pertimbangan utama dalam memilih jenis kompor yang akan digunakan. Kompor induksi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kompor listrik. Sebab, jenis kompor induksi dinilai lebih tahan lama karena menggunakan teknologi yang baru.

Itulah perbedaan antara kompor listrik induksi yang bisa kamu jadikan pertimbangan saat akan memilih kompor untuk dapur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *