Ketahui 3 Keuntungan Panel Surya dan Sistem Kerjanya

Saat ini penggunaan energy terbarukan banyak diminati masyarakat, karena dinilai lebih hemat. Tahukah anda apa saja keuntungan menggunakan panel surya, selain harga instalasi panel surya ternyata ada banyak keuntungan yang anda peroleh. Penggunaan panel surya dikatakan sebagai teknologi masa depan, karena memaksimalkan daya cahaya matahari

Proses instalasi panel surya

Panel surya merupakan alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik menggunakan teknik photovoltaic. Yang kemudian energi listrik akan disimpan di baterai dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Seperti yang kita tahu energi listrik dari PLN berbahan bakar batu bara. Dan kabarnya semakin lama semakin menipis sehingga dapat berakibat pada krisis listrik di masa depan.

Penggunaan panel surya menjadi salah satu solusi yang dapat anda pilih untuk mencegah terjadinya krisis listrik. Namun tahukah anda sistem kerja dari panel surya dalam menghasilkan listrik? Pada umumnya jenis panel surya beragam diantaranya monocrystalline, silicon PV module, hybrid silicon PV modul, amorphous, dan polycrystalline.

Prinsip kerja panel surya berasal dari partikel sinar matahari disebut foton yang menghantam atom sel surya. Berakibat pada energy memisahkan elektron pada struktur atom, elektron bergerak bebas di pita konduksi. Atom yang kehilangan elektron menjadikan (hole) muatan positif. Persimpangan daerah positif dan negatif, menimbulkan energy yang bergerak berlawanan. Ketika diberi beban seperti lampu atau perangkat listrik yang lain, akan menimbulkan energi listrik.

Kesimpulannya ketika energi matahari terserap pada panel surya, akan menimbulkan pergerakan atom bermuatan positif dan negative. Dari pergerakan tersebut mengakibatkan terciptanya arus listrik, yang kemudian dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Keuntungan instalasi panel surya

  1. Multifungsi

Ternyata kegunaan panel surya tidak hanya untuk menghasilkan energy listrik saja, anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan panas juga. Penggunaan panel surya di negara musim dingin biasa digunakan untuk penghangat ruangan atau pemanas air.

  1. Tagihan lebih hemat

Salah satu keuntungan menggunakan panel surya yaitu meminimalisir biaya pengeluaran. Meskipun pada pemasangannya diperlukan biaya yang cukup besar, namun cara perawatannya yang mudah dan juga harga instalasi panel surya tahunan terhitung lebih murah dibandingkan listrik PLN karena bergantung dari sinar matahari langsung.

  1. Biaya pemeliharaan yang minim

Keuntungan lain panel surya adalah selain harga instalasi panel surya dan biaya bulanan yang hemat, perawatan panel surya juga terbilang mudah. Cukup dengan membersihkan panel dari debu menggunakan pembersih khusus. Dengan begitu panel surya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Apakah anda tertarik untuk beralih menggunakan panel surya sebagai penghasil listrik mandiri juga. Untuk harga instalasi panel surya diperlukan biaya mulai dari 14 juta, dengan biaya bulanan mulai dari 30 ribu saja.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *