ice cubes

Tutorial Memakai Ice Machine Anti Gagal

Saat Anda mencoba membuat es balok di frezeer kulkas tentu sangat mudah sekali ya, tinggal masukkan air ke dalam cetakan kotak kemudian letakkan di bagian frezeer, atur suhu kulkasnya minus derajat agar cepat membekukan air. Namun, bagaimana jika Anda harus menyediakan es balok dalam skala besar? Ice machine jawabannya.

Solusi Cetakan Es Jumlah Besar

Anda bisa pakai Ice machine yang memiliki kapasitas lebih besar mencapai 10.000 kg es balok. Cara pengoperasiannya tidak kalah mudah dengan frezeer kulkas lho! 

Mesin cetak es modern ini membuat singkat kerja cetakan dan efektif juga dalam konsumsi karena waktu lelehnya juga lebih lama. 

Begini, Tutorial Memakai Ice Machine! 

  1. Hidupkan ice machine tombol on powernya kemudian dilakukan penyetelan pada posisi frezee.
  2. Air mineral yang terpasang kemudian disaring pada bagian filter ice machine guna memberikan sterilisasi kejernihan air. Kemudian air yang telah terfilter tersebut melewati komponen selang water inlet. Dari selang inlet tersebut kemudian masuk ke bak penampungan.  
  3. Ketika air telah masuk sempurna sesuai takaran maksimalnya, kemudian dipompa menggunakan komponen water pump. Dari water pump air dialirkan menuju pipa distribusi menuju evaporator alat cetak es balok.
  4. Bagian lanjutannya yakni berulang lagi dari cetakan kembali ke evaporator kemudian ke bak penampungan. 
  5. Selama proses berulang inilah di bagian refrigeratornya mulai aktif mendinginkan air yang dicetak tadi.
  6. Cetakan pertama akan berbentuk tipis tipis kemudian cetakan kedua dan selanjutnya semakin tebal sehingga terbentuk balok atau silinder tengahnya berlubang. 
  7. Perputaran penggilingan cetakan es yang berulang tersebut disetel dengan waktu yang ada di bagian luar komponen sehingga ketika menempati putaran maksimal akan membentuk balok es dengan selaras ukurannya. 
  8. Cetakan es akan terbentuk di bagian evaporator.
  9. Setelah cetakan es jadi langkah lanjutan adalah mengatur time delay dimana kegunaannya untuk mengubah freze menjadi es kering lebih keras lagi (harvest).
  10. Bagian akhirnya, komponen hot gas valve mendorong  es balok menuju evaporator agar terlepas dari cetakanya. 

Bagaimana, mudah sekali ya tutorial membuat cetakan es dengan ice machine dimana Anda cukup menyediakan air mineralnya sesuai kebutuhan. Kemudian tinggal alatnya yang bekerja untuk proses cetakan es padatan. Waktu yang digunakan untuk proses tersebut hanya 15 hingga 20 menitan saja. Alat pembuat es lebih menghemat waktu cetakan es serta jumlahnya juga lebih banyak dibandingkan cara manual memakai kulkas. 

Kesimpulan

Es yang terbuat dari air mineral akan mudah dibekukan dibandingkan dengan air yang telah dimasak 100 derajat karena struktur molekulnya telah berubah menjadi lebih berpendar. Ice machine dengan kapasitas besar bisa memproduksi es balok atau es silinder seberat 15.000 kg per hari. Berat satu buah es baliknya bisa disetting menggunakan ukuran pada tombol luar Ice machine.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *