harga cetak kalender lebih murah

6 Jenis Kertas Yang Mempengaruhi Variasi Harga Kalender Cetak

Berencana menggunakan kalender sebagai media promosi bisnis? Pertimbangkan baik-baik harga cetak kalender berdasarkan komponen-komponen produksinya. Termasuk di antaranya jenis kertas yang digunakan untuk menghasilkan produk dan kualitas yang Anda dapatkan.

Jenis kertas untuk cetak kalender

Kalender untuk promosi tentunya harus memiliki kualitas bagus untuk meyakinkan klien maupun konsumen. Jenis-jenis kertas yang bisa Anda pilih untuk mencetaknya mencakup:

  1. Art carton

Art carton tak sama dengan karton biasa karena lebih tebal dan tahan lama. Selain dipakai untuk membuat kalender meja, kertas ini sering diproduksi juga menjadi cover buku. Ketebalan art carton yang dijual di pasaran cukup beragam, dari 190 sampai 400 gsm, sehingga bisa disesuaikan harga kalender cetak. Namun rata-rata ketebalan yang dipakai adalah 260 gsm.

  1. Art paper

Sekilas, art paper tampak seperti art carton dan matte paper, termasuk ketebalannya yang berkisar dari 85 sampai 150 gram. Namun, ada beberapa ciri khas yang ditunjukkan seperti memiliki lapisan (coat) yang glossy yang membuatnya sulit ditulis. Meski demikian, hasil cetakannya tegas dan mengkilap serta tak mudah luntur saat terpapar cairan.

  1. Ivory

Jika membutuhkan karakter kertas yang lebih tebal, Anda dapat memilih ivory yang merupakan gabungan antara art carton dengan matte paper. Harga kalender cetak yang menggunakan kertas ini lebih mahal, tetapi sepadan dengan hasilnya yang glossy dan doff. Ketebalannya yang berkisar dari 210 sampai 400 gsm membuat ivory dipakai juga dalam pembuatan kotak kosmetik dan makanan.

  1. HVS

Dibandingkan ivory, HVS jauh lebih tipis dengan gramatur dari 80 sampai 100 gram saja. Kendati begitu, jenis kertas ini masih layak dipakai untuk membuat kalender dengan bujet terjangkau. Jenis kalender yang biasanya menggunakan HVS adalah kalender dinding dan kalender buku yang umum dipakai masyarakat Indonesia.

  1. Duplex

Duplex, seperti ivory, dapat membuat harga cetak kalender lebih mahal. Akan tetapi, jenis kertas ini menawarkan kekuatan dan kepadatan maksimal dengan ketebalan dari 250 sampai 400 gram. Selain itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilihnya sebagai bahan utama kalender seperti kelembapan, tingkat kecerahan, arah serat, dan kehalusan pada permukaannya.

  1. Matte paper

Dikenal juga sebagai doff paper, matte paper adalah jenis kertas yang maksimal menyerap tinta dan tak akan memantulkan cahaya. Kesan eksklusif juga menjadi keunggulan lain yang ditawarkan. Maka dari itu, selain dipakai untuk memproduksi kalender, matte paper bisa Anda pakai juga sebagai bahan kemasan bagus dan anti lengket.

Demikian enam jenis kertas yang umum dipakai dalam pembuatan kalender. Semoga Anda dapat memperkirakan harga cetak kalender yang dibutuhkan untuk menyediakan media promosi bagus dan meyakinkan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *