buku terbuka

Perhatikan Jenis jasa Print Buku dan Kertas Cetak yang Sering Digunakan

Anda sedang mencari jasa print buku yang berkualitas? Ingin mendapatkan jasa cetak buku yang sesuai keinginan? Tenang saja, silakan percayakan kepada kami, jasa print dan cetak buku yang memberikan pengalaman dan pelayanan yang memuaskan. Agar semakin paham, simak dalam penjelasan berikut ini! 

Jenis Jasa Percetakan Buku 

Sekarang ini dalam hal print dan mencetak buku biasanya ada 2 pilihan, yaitu cetak offset dan cetak buku print digital, berikut penjelasannya : 

  1. Layanan Cetak Buku Offset 

Cetak offset adalah jasa layanan cetak yang sudah ada sejak lama. Pada percetakan offset ada banyak mesin dengan ukuran besar dan menggunakan operator cetak yang berpengalaman dan terampil. 

Print buku dengan metode ini mempunyai kelemahan, yaitu tidak dapat mencetak dalam jumlah minimum. 

Hal ini terjadi, sebab per biaya produksi ada aturan jumlahnya. Misalnya, aturannya minimal 1000 eksemplar, jika Anda print hanya 500 eksemplar, maka harganya akan lebih tinggi. 

  1. Layanan Cetak Buku Print Digital atau POD 

Pada layanan cetak buku print digital atau POD tidak menggunakan ketentuan jumlah print atau cetak.Jadi, jika ingin print 1 buku saja juga tidak masalah. 

Soal hasil cetak mirip dengan hasil cetak offset. Namun, jika ingin print isi buku, Anda perlu mencari percetakan yang memakai tinta cetak yang tidak mengkilap. 

Tinta yang mengkilap sangat tidak nyaman bagi pembaca. Tinta yang nyaman untuk dibaca biasanya terbuat dari tinta matte. 

Jenis Kertas yang Biasanya Digunakan Jasa Print Buku

Bagi Anda yang ingin memilih buku sebaiknya perhatikan beberapa jenis kertas yang banyak digunakan untuk percetakan buku, sebagai berikut : 

  1. Kertas HVS

Kertas HVS adalah kertas paling umum yang digunakan untuk proses mencetak buku. Karakter yang dimiliki kertas HVS, yaitu warna putih dengan permukaan cukup halus ketika disentuh. 

Tebalnya bervariasi 60 gsm-100 gsm. Semakin tebal, maka semakin berat kertasnya. Untuk kertas print buku biasanya menggunakan ukuran 70 gsm. 

  1. Kertas Bookpaper

Jenis kertas ini memang kurang familiar, kertas ini kebanyakan digunakan untuk mencetak novel. Karakter kertas ini ringan daripada kertas HVS, warna kertas sedikit buram, lebih lembut dan nyaman dipandang mata. 

Biasanya untuk mencetak isi buku, kertas bookpaper yang digunakan berukuran 55 gsm dan 57,5 gsm. 

  1. Kertas Art Paper 

Kertas ini mempunyai permukaan cenderung licin, tipis dengan tingkat gramatur mulai 85, 100, maupun 150 gram. 

Kertas ini terlihat menarik, tetapi permukaan yang licin membuat tinta mudah luntur. Hal inilah kenapa jasa percetakan jarang menggunakan kertas ini. 

Biasanya kertas ini digunakan untuk membuat poster, katalog, flyer, maupun dijadikan sebagai kertas untuk tiket konser. 

  1. Kertas Art Carton

Kertas satu ini banyak dipakai untuk print buku. Mempunyai karakteristik tebal di atas rata-rata, yaitu ada yang 190 gsm hingga 400 gsm. 

Kertas ini mempunyai permukaan licin, halus, dan banyak digunakan untuk print cover buku maupun katalog. Selain itu juga untuk mencetak brosur, poster, kartu nama, sampai map folder. 

Itulah penjelasan tentang jenis jasa print buku serta jenis kertas yang biasa digunakan. Semoga bermanfaat! 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *