pipa industrial berwarna merah dan abu

Ukuran Pipa Besi Sch 40

Pipa besi Sch 40 adalah salah satu jenis pipa dengan tingkat ketebalan tertentu yang ideal, dan mampu menahan tekanan maksimal hingga 40 barg. Meskipun bahan material pembuatan pipa Sch 40 bisa beragam dan tidak selalu sama, tidak selalu terbuat dari bahan material berupa besi saja. Sehingga tingkat ketebalannya untuk bahan yang berbeda akan berbeda pula. Oleh karenanya pipa sch 40 bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi pipeline, yakni mulai dari saluran migas sampai saluran air.

Tingkat Kekerasan Pipa Besi Sch 40

Kekuatan pipa sch 40 sudah sangat bagus, dan memenuhi kualifikasi. Dengan tingkat pemakaian yang cukup tinggi untuk beragam keperluan. Berdasarkan data dari University of Massachusetts, maka ukuran tingkat kekerasan pipa besi sch 40 adalah 16,1 pada skala Rockwell. Hal ini menunjukkan pipa tersebut mempunyai modulus elastisitas sebesar 225 GPa, dan yield strength 423 MPa, serta ultimate strength 470 MPa.

Tingkat Ketebalan Pipa Besi Sch 40

Pipa besi besi Sch 40 memiliki ukuran mulai dari ⅛ inci hingga 36 inci dengan tingkat ketebalan yang beragam bergantung pada ukuran diameternya. Secara umum, pipa besi sch 40 mempunyai tingkat ketebalan mulai dari 1,73 mm untuk ukuran ⅛ inci hingga 19,05 mm untuk ukuran 36 inci.

Klasifikasi Pipa Sch 40

Di pasaran, tersedia pipa besi Sch 40 dalam ukuran pipa NPS ⅛ inci hingga 36 inci. Namun pipa Sch 40 tidak tersedia pada pipa NPS 22, dan 26, serta 28, juga 30 inci. Pipa

Sch 40 itu identik dengan pipa standar (STD) pada pipa NPS ⅛ hingga 10 inci dan memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Bahan Material Pipa Besi Sch 40

Sejatinya pipa besi Sch 40 tidak hanya mengandung bahan murni besi saja. Hal ini sebab besi itu mudah karatan serta teroksidasi sehingga perlu dicampur dengan bahan material lainnya agar bisa lebih awet dan tahan karat.  

Carbon Steel

Besi yang dicampur dengan material carbon steel bisa lebih kuat dan tahan oksidasi. Pipa dari bahan ini biasanya digunakan pada industri yang perlu daya tahan yang tinggi terhadap tekanan juga suhu tinggi. Selain juga lebih cost effective. 

Stainless Steel

Material ini bisa lebih tahan karat, dan dari segi tampilan juga lebih elegan. Logam campurannya ada besi, dan carbon, juga kromium, dan nickel, serta senyawa lainnya yang mendukung anti karat. Harganya cenderung lebih mahal, terutama jika pipa besinya tanpa pengelasan atau yang disebut sebagai pipa seamless. Pipa ini mampu menahan karat, dan tekanan, juga suhu tinggi dengan secara lebih baik.

Itulah beberapa hal terkait dengan pipa besi Sch 40.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *