Jenis Besi Plat Strip dan Penerapannya Pada Pembangunan

Besi plat strip merupakan bahan yang cukup familier dalam proses pembangunan. Baik pada proyek yang terbilang kecil seperti pembangunan rumah atau villa. Sampai dengan proyek yang skalanya terbilang besar seperti pembangunan gudang atau gedung. 

Namun, walaupun mudah dijumpai pada berbagai proses pembangunan. Para penggunanya mungkin tidak sadar. Bahwa ada berbagai jenis dari bahan ini dengan fungsi yang berbeda. 

Jenis Besi Plat Strip dan Fungsinya 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis plat berbahan besi yang di jual di dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis besi plat yang bisa disesuaikan dengan fungsinya. 

Jenis-jenis bahan ini biasanya dibedakan mulai dari fungsi, corak, ukuran, sampai dengan ketebalan. Berikut adalah berbagai jenis dari besi plat yang sering kali ditemukan pada proses pembangunan berikut juga fungsi masing-masingnya:

  1. Besi Plat Hitam 

Jenis yang pertama adalah plat besi hitam yang cukup sering digunakan pada proses pembangunan. Namun, jenis satu ini sangat jarang digunakan sebagai bahan utama. Lebih sering dan lebih optimal digunakan sebagai material penguat. 

Pada penerapannya, jenis plat hitam ini digunakan sebagai pelengkap rangka baja bangunan. Ukurannya sendiri biasanya sama dengan ukuran triplek agar mudah digunakan sebagai pelapis. 

  1. Besi Plat Bordes 

Besi plat strip satu ini disebut juga sebagai plat kembang atau plat berlian. Umumnya, bahan ini digunakan untuk lantai, anak tangga, bahkan keperluan transportasi seperti bus. Plat satu ini sangat khas dengan motif permukaannya menyerupai bunga. 

Corak ini dibuat bukan hanya untuk tampilan saja. Namun, membuat permukaan plat tidak licin sehingga mengurangi resiko slip. 

  1. Besi Plat Kapal 

Jenis satu ini dikenal memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan jenis plat besi lainnya. Bahkan ukuran maksimalnya mencapai 6000 mm. Sedangkan, lebarnya biasanya terdiri atas dua pilihan yaitu 1500 mm dan 1800 mm. 

Bahan ini didesain agar tahan terhadap karat maupun perubahan suhu. Tidak heran, jika material ini banyak digunakan untuk keperluan transportasi laut. Pada bahan pembangunan biasanya digunakan untuk pembuatan tangki dan fabrikasi. 

  1. Besi Plat Strip 

Berbeda dengan plat kapal, biasanya jenis besi plat strip tersedia dalam ukuran yang lebih kecil. Selain itu, pembentukannya lebih fleksibel, tidak heran jika bahan ini banyak dimanfaatkan untuk pembangunan rumah dan gedung. 

Misalnya, untuk rangka jendela dan pintu, ventilasi, pembatas besi, pagar, sampai dengan sekat untuk ruangan. Ukuran terkecilnya bisa sampai dengan 19 mm sampai dengan 200 mm. Ketebalannya juga bisa mencapai 3 mm sampai dengan 12 mm. 

Itulah berbagai jenis besi plat strip yang sering kali digunakan. Para calon pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena setiap jenis plat tidak bisa digunakan untuk keperluan yang sama.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *