rumah dengan genteng metal pasir

Penasaran Bagaimana Proses Pembuatan Genteng Pasir? Ini Dia Prosesnya Dari Awal Hingga Siap Digunakan!

Penasaran bagaimana pabrik genteng membuat produk genteng metal pasir mereka? Ternyata proses pembuatan genteng terbilang cukup rumit. 

Pabrik akan mengolah bahan mentah hingga menjadi genteng dan melakukan proses lainnya. Berikut ini proses pembuatan genteng metal pasir mulai dari awal hingga siap untuk dipasarkan. 

Tahap Pencampuran Bahan Mentah 

Tahap pertama pembuatan genteng metal pasir adalah mencampur bahan mentah. Bahan-bahan yang digunakan antara lain pasir, metal zincalume, zincphospat, baja galvanum, dan coraltex. Campuran bahan ini akan dicetak menjadi genteng. 

Pemotongan dan Press 

Setelah semua bahan dicampur dan dicetak, genteng akan terbentuk. Tapi, genteng ini masih belum sesuai dengan ukuran yang diinginkan. 

Karena itu, genteng ini harus dipotong dan di-press terlebih dahulu. Proses ini dilakukan menggunakan mesin berteknologi tinggi dan sesuai dengan pola yang diinginkan. 

Proses Pewarnaan

Agar lebih menarik dan untuk kepentingan estetika, genteng pasir juga diberi warna. Genteng akan diwarnai sesuai dengan permintaan. Setelah itu, lapisan warna ditutup oleh lapisan coral atau pasir. 

Proses Pembakaran 

Setelah proses pewarnaan dan warna yang ada dipermukaan genting kering, bukan berarti proses pembuatannya selesai. Genteng masih harus dibakar agar lebih kuat dan tahan lama. 

Proses pewarnaan dan pembakaran dilakukan sebanyak dua kali. Jadi setelah proses pewarnaan pertama, genteng dibakar. Kemudian, genteng diberi lapisan warna kedua dan dibakar lagi. 

Proses Quality Control 

Pada proses ini genteng sudah jadi. Petugas quality control akan memeriksa kualitas genteng metal pasir. Mereka harus memastikan bahwa genteng tersebut sudah sesuai standar. 

Proses Pengemasan

Semua genteng metal pasir yang sudah diperiksa dan lolos pemeriksaan dikirimkan ke bagian pengemasan. Genteng akan dikemas sesuai dengan ukuran yang diminta. 

Proses Distribusi

Setelah proses pengemasan selesai, genting pasir siap didistribusikan kepada agen atau konsumen yang membutuhkannya. 

Nah, itu dia proses pembuatan genteng metal pasir di pabrik besar. Hasil akhir ditentukan oleh bahan dan teknologi yang digunakan. 

Semakin berkualitas bahan yang digunakan dan digarap dengan mesin berteknologi tinggi, semakin berkualitas pula genteng pasir yang dihasilkan. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *