making pizza

Perlukah Punya Convection Oven Untuk Membuat Pizza Otentik?

Pizza tradisional Italia, dibuat menggunakan oven batu khusus yang mampu mencapai suhu 430 sampai 480 derajat Celcius. Karena masalah ini, banyak yang tidak bisa buat pizza otentik di rumah. Walaupun begitu, ada banyak diskusi bahwa convection oven dapat menangani masalah ini. Benarkah demikian?

Convection Oven Adalah Alat yang Tepat Untuk Pizza Buatan Sendiri

Pizza adalah hidangan yang sebenarnya mudah dibuat sendiri, tapi perlu temperatur khusus untuk memasaknya. Alat masak pizza yang paling mudah dimiliki adalah jenis oven convection. Memang, suhu yang dapat ditarget tidak sama seperti oven batu tradisional, tapi ada cara untuk tetap sukses menggunakannya.

Suhu optimal membuat pizza di oven ini hanya butuh sekitar 300 sampai 330 derajat Celcius saja. Suhu ini sudah cukup untuk memasak pizza yang mendekati level otentik. Tentu level char dan bubbling yang muncul tidak sebanyak versi pizza otentik, tapi cita rasa dan teksturnya sudah sama.

Kipas dan pemanasan merata pada oven, memastikan tidak ada heat spot saat proses memanggang pizza. Suhu merata tersebut sangat penting bagi toping dan base pizza. Jadi, tidak ada pilihan oven jenis lain yang sebanding kualitasnya untuk kebutuhan pizza otentik homemade. 

Beberapa Aspek yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Convection Oven Untuk Pizza

Menggunakan convection oven tetap memiliki resiko gagal dalam membuat pizza. Hal ini karena resep pizza otentik sudah didesain untuk oven batu. Jika ingin pasti berhasil, gunakan beberapa trick berikut ini:

Harus Pre-Heat Sampai Suhu 250 Derajat Celcius

Suhu tinggi dan konsisten pada oven batu adalah kunci pizza otentik yang nikmat. Untuk menyamai suhu konsisten tersebut, pastikan oven sudah mencapai suhu 250 derajat sebelum digunakan. Proses pre-heat ini dijaga stabil minimal 10 menit sampai pizza masuk ke oven. Setelah masuk, barulah dinaikan suhu-nya mencapai 330 derajat Celcius sampai pizza matang.

Gunakan Pizza Stone Atau Pizza Steel

Dalam memasak pizza di oven ini, gunakanlah pizza stone atau pizza steel. Alat tersebut digunakan untuk menyerap panas dan mengantarkannya pada pizza dengan merata. Oven batu memiliki flooring yang ikut memanas selama penggunaan, dua tool ini berfungsi sama seperti flooring tersebut.

Untuk menggunakannya, masukan pizza stone dan pizza oven saat melakukan pre-heat. Pastikan memanaskan tool ini selama 20 menit sebelum menaruh pizza di atasnya. Panas dari alat tersebut akan bantu menghasilkan base pizza yang crispy matang merata.

Perhatikan Timing Memasak-nya

Jika oven mencapai suhu 330 derajat Celcius, pizza hanya butuh waktu 4 sampai 5 menit untuk matang. Hati – hati soal timing memasaknya karena pizza adalah makanan yang mudah hangus. Karena itu, pastikan setelah melihat sisi bawah pizza setelah 3 menit memanggang. Jika terlihat sudah kering, langsung siap angkat pada menit ke 4.

Alat Pembuat Pizza Otentik Di Rumah Yang Terbaik!

Sekarang Anda tahu bahwa convection oven adalah alat paling tepat membuat pizza otentik di rumah. Jika ingin rutin buat pizza otentik, pastikan beli oven ini dan jangan ambil resiko beli jenis oven lainnya!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *