rumah dengan atap polycarbonate gelombang

4 Cara Membersihkan Atap Polycarbonate Gelombang Agar Lebih Awet

Atap polycarbonate gelombang diklaim memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah rusak meski suhu ekstrem. Namun, hal ini hanya bisa diperoleh bila Anda merawatnya secara benar. Sebab atap polycarbonate yang tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja lebih tinggi risiko kerusakannya.

Salah satu perawatan atap polycarbonate yang dapat dilakukan adalah membersihkannya dari kotoran. Cara membersihkannya pun tak boleh sembarangan supaya. Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini saat membersihkan atap polycarbonate.

  1. Persiapkan Alat-Alat dan Bahan Pembersih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan pembersih. Beberapa alat yang dibutuhkan ialah sponge pembersih, air bersih, air hangat, dan sabun. Namun, usahakan untuk memilih sabun atau cairan pembersih yang tidak terlalu keras kandungannya supaya tidak merusak lapisan dari polycarbonate.

Selain itu, Anda butuh tangga untuk membersihkan atap. Selama proses pembersihan, pastikan untuk tidak menginjak permukaan polycarbonate secara langsung. Sebaiknya injaklah pada bagian rangka atap supaya polycarbonate tidak retak ataupun pecah.

  1. Bersihkan Menggunakan Air

Atap polycarbonate yang berada di luar ruangan lebih rentan kotor akibat debu. Selain itu, kotoran seperti daun juga kerap kali menempel di permukaan polycarbonate. Untuk membersihkan atap, siramkan air bersih secara merata ke permukaan polycarbonate.

Untuk noda yang cukup membandel, Anda bisa menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa mencampur air dengan sabun khusus. Larutan air dan sabun akan membantu meluruhkan noda yang menempel di permukaan atap. 

  1. Gosok Atap dengan Sponge Secara Lembut

Selanjutnya, gosoklah atap polycarbonate gelombang menggunakan sponge. Sebaiknya pilihlah sponge dengan permukaan lembut agar tidak menggores atap. Sebelum digunakan, masukkan sponge ke dalam larutan air dan sabun yang sudah disiapkan.

Setelah itu, gosoklah dengan cara yang lembut dan merata ke permukaan atap. Usahakan jangan terlalu menekan atap selama proses pembersihan supaya tidak merusaknya. Bila terdapat noda yang membandel dan susah hilang, Anda dapat menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkannya.

Perlu diingat, hindarilah menggunakan bahan ataupun alat yang tajam saat membersihkan atap polycarbonate. Sebab, gesekan benda tajam dapat merusak permukaannya.

  1. Bilas dengan Air Bersih

Bila sudah, bilaslah atap polycarbonate dengan air bersih. Siram bagian atap secara merata untuk menghilangkan sisa sabun yang digunakan selama proses pembersihan. Jika sudah, biarkan atap polycarbonate kering dengan sendirinya. Cara-cara ini akan membuat atap di rumah Anda terlihat lebih bersih dan tampilannya seperti baru.

Pembersihan atap polycarbonate gelombang perlu dilakukan secara berkala bila atap sudah mulai kotor. Dengan rutin merawatnya, atap akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, atap akan terbebas dari debu dan kotoran yang membandel.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *