pasang behel dokter gigi

Penasaran Cara Merawat gigi Setelah Pasang Behel Dokter Gigi? Yuk Intip Disini

Pasang behel dokter gigi dengan tujuan untuk memperbaiki susunan gigi memang tidak ada salahnya. Namun, sering kali ditemukan keluhan sakit atau masalah lain. Untuk itu, agar tidak menciptakan masalah yang sangat merepotkan, perlu dilakukan perawatan yang sesuai dan rutin. Mungkin ini pengalaman pertama anda, yuk simak penjelasan pada artikel ini untuk mendapatkan jawaban. Berikut penjelasannya: 

  1. Berhati-hati Saat Memilih Makanan Utamanya Makanan Keras 

Setelah melakukan pasang behel dokter gigi tentu anda harus memperhatikan tekstur makanan yang masuk ke dalam mulut. Usakan mengkonsumsi makanan dengan tekstur lunak agar memudahkan kerja gigi. Misalnya saja, bubur nasi, pasta, fish cake, potato, pudding, es cream, soft cake, atau makanan lunak lainnya. 

Sebisa mungkin hindari makanan dengan tekstur keras. Misalnya saja, keripik singkong, stick, daging, kerupuk, dan lainnya. Tidak hanya sulit dikunyah, juga bisa tertinggal di behel yang terpasang di gigi anda. Jika anda tidak rajin dalam membersihkannya tentu akan menimbulkan penumpukan kotoran. 

  1. Menggosok Gigi Dengan Sikat Khsus

Menggosok gigi menjadi salah satu teknik umum yang digunakan untuk membersihkan gigi dari kotoran yang tersisa setelah makan. Namun, Ketika sudah melakukan pemasangan behel, cara menggosok gigi dan sikat yang digunakan tentu berbeda. 

Anda bisa menggunakan sikat gigi khusus yang dianjurkan dokter agar lebih mudah dalam membersihkan kotoran yang tertinggal di gigi atau sela-sela behel. Menggosok gigi secara rutin juga dapat menghindarkan dari penguningan gigi dan mencegah pengeroposan setelah pasang behel dokter gigi. 

Lakukan perlahan secara rutin minimal 2-3 hari sehari yaitu pada pagi, siang, dan sebelum tidur. Anda bisa melakukannya dalam durasi 3-5 menit dengan arah yang sama. Jangan lakukan dengan kasar dan terburu-baru. 

  1. Menggunakan Benang Atau Tusuk Gigi Untuk Membersihkan Sisa Makanan Di Sela

Tidak menutup kemungkinan, setelah makan pasti ada potongan kecil yang terselip di sela-sela gigi. Tentu kotoran ini tidak dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan sikat gigi, sehingga dibutuhkan benang atau tusuk gigi. 

Jika tidak dibersihkan dan dibiarkan disana, tentu akan menyebabkan masalah baru dan memicu terjangkitnya kuman yang berbahaya bagi Kesehatan. Hingga menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan. 

  1. Rutin Periksa Kesehatan Gigi Ke Dokter 

Untuk menjaga Kesehatan, anda bisa rutin ke dokter gigi. Dengan begitu anda akan mendapatkan pertolongan sedini mungkin Ketika terjadi masalah. Namun, jika tidak ada, anda bisa saja melakukan perawatan gigi disana. 

Anda bisa melakukan pengecekan ke dokter gigi setidaknya 1-3 bulan secara rutin. Pengawasan berkala terhadap kawat gigi atau behel sangat penting dilakukan. 

  1. Memakai Retainer 

Setelah melepas kawat gigi, anda tentu tidak boleh acuh. Hal ini bisa memicu mengembalikan gigi ke posisi semula. Agar tidak terjadi, bisa menggunakan retainer. Untuk itu anda bisa konsultasi ke dokter untuk melakukan pemasangan ini. 

Sekian pembahasan mengenai perawatan yang dilakukan setelah pasang behel dokter gigi. Perawatan ini berfungsi untuk menghindarkan gigi dari berbagai masalah fatal dalam jangka Panjang. Rawat gigi anda sekarang juga!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *