contoh reng baja ringan

Cara Memilih Reng Baja Ringan Terbaik untuk Atap Rumah

Selain pondasi, atap merupakan bagian penting dalam bangunan tempat tinggal. Konstruksi atap yang tidak diperhitungkan dengan tepat akan mudah roboh dan tidak tahan lama. Sebab itulah, atap bangunan harus menggunakan material yang kuat seperti reng baja ringan.

Di pasaran sendiri ada banyak jenis baja ringan dengan ukuran dan merk yang beragam. Memilih baja ringan yang tepat untuk dijadikan atap bisa sangat membingungkan untuk pemula. Agar lebih mudah menentukan pilihan, Anda bisa mengikuti tips berikut ini dalam memilih baja ringan.

  1. Pilih Baja Ringan Berstandar SNI

Jika ingin mendapatkan reng yang berkualitas, maka pilihlah baja ringan berstandar SNI. Baja ringan yang berstandar SNI telah melewati serangkaian uji dan tes sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk material konstruksi. 

Memilih produk baja ringan yang ber-SNI juga membantu mengurangi risiko kerusakan pada atap bangunan rumah Anda. Dengan begitu, hal-hal buruk yang tak diinginkan akibat penggunaan material tidak berkualitas dapat diminimalisir.

  1. Pilih Baja Ringan dengan Kandungan Galvalum

Sekilas, reng baja ringan yang ada di pasaran hampir sama saja untuk para pemula. Nyatanya, kandungan baja ringan mempengaruhi kualitasnya. Agar atap tidak mudah berkarat, pilihlah baja ringan dengan kandungan galvalum yang berfungsi sebagai lapisan anti karat.

Baja ringan yang tidak dilapisi galvalum cenderung mudah berkarat bila terkena suhu yang lembap. Akibatnya, umur atap bangunan jadi lebih pendek dan Anda harus mengeluarkan anggaran lagi untuk perbaikan. 

  1. Pilih Merk Terbaik

Ada banyak merk baja ringan yang bisa Anda temukan di pasaran. Masing-masing merk memiliki kelebihan, kekurangan, dan jenis yang berbeda-beda. Begitupun dengan tingkat ketebalan baja ringan. Sebelum membeli, sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan melalui internet untuk mengetahui merk mana yang paling bagus dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada kontraktor untuk mengetahui reng yang tepat.

Demikian tadi tips memilih reng baja ringan yang sesuai kebutuhan. Selain ketiga poin tersebut, pastikan harga reng sesuai dengan budget yang dimiliki.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *